Bagai mana caranya meningkatkan penjualan lewat aplikasi mobile
Marketing dan teknologi adalah sebuah kolaborasi yang sangat cocok. Ibaratkan seperti bunga dan lebah yang saling terhubung satu sama lain. Seberapa sukses sebuah bisnis tentu bergantung dari bagaimana sang owner memasarkan produknya. Kalau pada jaman dulu saat teknologi masih sangat sederhana pebisnis hanya melakukan pemasaran produk sebatas iklan di media cetak dan elektronik, sekarang metode penjualan sudah memasuki tahap mutakhir
Teknologi yang semakin berkembang disertai dengan ide-ide kreatif dari pebisnis sejati akhirnya berhasil melahirkan metode penjualan melalui aplikasi mobile. Handphone yang sudah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih atau nama populernya yaitu smartphone menjadi perangkat yang dibidik, bukan lagi PC atau laptop. Hal ini dikarenakan sekarang 8 dari 10 orang sudah banyak berinteraksi dengan smartphone daripada PC di rumah. Dengan handphone, setiap saat mereka dapat mengakses situs penjualan.
Pricearea dan Elevenia merupakan dua e-commerce yang telah menjalani metode pemasaran ini. Kami ingin membagi ilmu mereka melalui 7 cara meningkatkan penjualan lewat aplikasi mobile yang bisa Anda ikuti:
Marketing dan teknologi adalah sebuah kolaborasi yang sangat cocok. Ibaratkan seperti bunga dan lebah yang saling terhubung satu sama lain. Seberapa sukses sebuah bisnis tentu bergantung dari bagaimana sang owner memasarkan produknya. Kalau pada jaman dulu saat teknologi masih sangat sederhana pebisnis hanya melakukan pemasaran produk sebatas iklan di media cetak dan elektronik, sekarang metode penjualan sudah memasuki tahap mutakhir
Teknologi yang semakin berkembang disertai dengan ide-ide kreatif dari pebisnis sejati akhirnya berhasil melahirkan metode penjualan melalui aplikasi mobile. Handphone yang sudah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih atau nama populernya yaitu smartphone menjadi perangkat yang dibidik, bukan lagi PC atau laptop. Hal ini dikarenakan sekarang 8 dari 10 orang sudah banyak berinteraksi dengan smartphone daripada PC di rumah. Dengan handphone, setiap saat mereka dapat mengakses situs penjualan.
Pricearea dan Elevenia merupakan dua e-commerce yang telah menjalani metode pemasaran ini. Kami ingin membagi ilmu mereka melalui 7 cara meningkatkan penjualan lewat aplikasi mobile yang bisa Anda ikuti:
1. Buat Aplikasi untuk Mobile
Ini adalah langkah awal jika Anda ingin
menjalankan metode pemasaran tersebut. Buatlah situs e-commerce Anda
menjadi sebuah aplikasi mobile yang nantinya akan didownload oleh banyak
orang melalui Playstore atau Applestore melalui smartphone mereka kapan
saja dan di mana saja.
2. Pesan Notifikasi Menarik
Berkomunikasi secara efektif adalah cara
yang paling tepat untuk membuat banyak konsumen tertarik untuk yang
awalnya hanya sekedar melihat-lihat kemudian membeli produk kita. Hal
itu juga berlaku untuk marketing lewat aplikasi mobile, yaitu dengan
Push Notification mengirimkan promo dan penawaran special yang terbatas.
Langkah ini mampu menarik perhatian konsumen untuk berbelanja dengan
harga yang lebih murah saat itu juga karena tidak ingin kehabisan
penawaran special tersebut.
3. Promosi yang Mudah
Ungkapan “Word of Mouth” atau “Mulut ke
Mulut” merupakan resep jitu dalam dunia marketing. Cara ini dapat
dilakukan pula dalam dunia digital yang berfungsi sebagai Social
Referrals atau Referensi Sosial. Aplikasi mobile mengakomodir kemampuan
Anda untuk menyebarkan bisnis hanya dengan satu sentuhan saja pada
gadget. Setiap aktivitas pelanggan dalam aplikasi mobile Anda akan dapat
diketahui oleh orang di sekitarnya yang menjadi cara halus tapi
persuasive untuk meningkatkan penjualan.
4. Reservasi Secara Mobile
Apabila Anda menjalankan bisnis yang
bekerja berdasarkan sesi waktu, seperti klinik, salon, spa, atau hotel,
ada kemungkinan konsumen akan melakukan reservasi secara mobile. Untuk
itu Anda perlu menambahkan layanan reservasi secara mobile agar
memudahkan pelanggan reservasi dengan mudah setiap saat.
5. Mengirimkan Undangan Digital Event
Dalam penyelenggaraan event bisnis,
metode penyebarannya haruslah di lokasi yang strategis di mana semua
orang bisa melihatnya. Gunakanlah Event RSVPs untuk membuat event bisnis
Anda semakin efektif dalam mengorganisir kedatangan peserta sekaligus
wadah untuk berinteraksi dengan mereka. Semakin banyak peserta yang
datang, interaksi, dan dokumentasi tentang event, maka daya tariknya
akan semakin meningkat pula.
6. Satu Pintu untuk Seluruh Channel Digital
Aplikasi mobil bisa dijadikan sebagai
alat untuk mengombinasikan semua media channel promosi digital dalam
satu pintu. Buatlah jaringan seluas mungkin dengan social network,
misalnya saja Facebook, E-mail Newsletter, Twitter, Instagram, atau
Google+, sehingga memungkinkan konsumen untuk memilih channel mana yang
mereka sering gunakan.
7. Menjemput Konsumen Lebih Dahulu
Cara yang terakhir ini bisa dikatakan
sebagai cara yang terdahsyat. Sebuah aplikasi mobile bernama Solusi.Mu
memungkinkan owner ‘menjemput’ pelanggan bahkan sebelum mereka datang ke
tempat Anda. Caranya? Teknologi canggih ini bernama Geotargeting dan
Geofencing. Contohnya adalah jika ada seorang pelanggan sedang melintas
dalam radius 1 km dari lokasi Anda, maka aplikasi mobile di gadget
mereka secara otomatis mengirimkan penawaran special hanya untuk dia
pada saat itu juga. Ditambah lagi jika dia mengunjungi lokasi Anda, maka
dia akan mendapatkan hadiah.
Betapa teknologi sangat membantu kehidupan manusia saat ini. Memasarkan
bisnis dengan media aplikasi mobile yang sudah kita bahas di atas
merupakan upaya untuk memanfaatkan teknologi yang sudah tersedia. Selain
lebih praktis dan cepat, hasilnya pun lebih meningkat daripada hanya
sekedar membuka bisnis dan menunggu ada pelanggan yang datang.
Cobalah untuk mengunjungi situs http://www.pricearea.com dan http://www.pricearea.com/store/elevenia.co.id-29860 yang sudah menjalankan langkah-langkah di atas dan menjadi dua e-commerce sukses di Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
dapatkan